Cara Membuat Musik Sendiri Di Fl Mobile | Fl mobile Android

                                    
Cara membuat musik sendiri di fl mobile, Pada kesempatan ini saya akan sharing cara membuat musik sendiri di fl mobile android, bagi sobat yang ingin belajar membuat musik sendiri di fl mobile sebaiknya sobat pelajari terlebih dahulu tangga nada karena jika sobat tidak mengerti tangga nada maka musik yang sobat buat tidak akan sesuai dengan apa yang di harapkan, karena tidak mengikuti tangga nada musik.Tangga nada musik dapat sobat pelajari secara online melalui Internet, tinggal telusuri aja di google.

Selain tangga nada untuk membuat musik di fl mobile kita juga harus mengerti chord, chord itu adalah sebuah nada yang di mainkan secara bersamaan, contohnya seperti gambar di bawah.


Setiap musik memiliki chord, di sebuah musik ada susunan chord yang sama dan ada juga yang berbeda. Bagian bagian penting untuk membuat musik, yaitu :

1. Membuat chord
2. Membuat melodi
3. Membuat progresi bass line
4. Membuat susunan drum
5. Mixing

Itu adalah bagian bagian penting untuk membuat musik sederhana di fl mobile.

Untuk membuat chord dan melodi kita dapat menggunakan grand piano kemudian untuk membuat bass line kita bisa gunakan bass dari guitar atau sound bass yang lain, dan untuk membuat drum kita bisa gunakan bahan dasar yang di sediakan oleh fl mobile atau dapat juga menggunakan sampel drum yang di download.

lalu bagaimana cara membuat musik sendiri, berikut adalah langkah dasar membuat musik sendiri di fl mobile. simak langkah langkah di bawah.

1. Membuat chord
Buat chord menggunakan grand piano. Klik ikon tambah/plus > Direct wave > Keyboard > Grand piano. Contohnya disini saya menggunakan susunan chord Am-C-F-G, dengan nada dasar C. Contoh susunan chord nya seperti gambar di bawah.



2. Membuat melodi
Setelan susunan chord nya telah di susun, sekarang kita masuk ke bagian melodi. Untuk membuat melodi kita dapat menggunakan sound dari grand piano. langkah langkahnya seperti tadi, Klik ikon tambah/plus > Direct wave > Keyboard > Grand piano. Membuat melodi tidak sama dengan membuat chord, melodi hanya tersusun 1 garis progresi naik dan turun sesuai dengan keinginan kita untuk menyusun nya, susun lah melodi se enak mungkin biar nyaman di dengar. Contoh susunan melodi yang saya buat seperti gambar di bawah.



3. Membuat bass line
Bass juga sangat penting dalam membuatan musik di fl mobile. untuk menyusun progresi bass dapat kita sesuaikan dengan susunan chord yang telah di buat tadi, susunan progresi bass hanya tersusun satu line progresi. Disini saya menggunakan sound bass dari guitar. langkah untuk menambah paten guitar, Klik ikon tambah/plus > Direct wave > Keyboard > Guitar > Picked bass. Susunan progresi bass nya seperti gambar di bawah.


4. Membuat susunan drum
Isi drum yang akan kita gunakan adalah Kick, Snare, Hat, Percussion dan Crash cymbal. Untuk menambah paten drum, Klik ikon tambah/plus > Drum sequencer > Pilih template drum yang ingin digunakan (pilih fl basic kit).
Jika ingin mengganti bunyi drum, misalnya ingin mengganti bunyi kick klik kiri pada tulisan Kick kemudian klik lagi secara belahan lalu klik load sample, pilih bunyi kick pada sample yang di sediakan oleh fl mobile.
Susunan drum di sesuai dengan bunyi chord dan melodi jika tidak sesuai maka bunyi drum akan bertubrukan chord dan melodi, jadi hati - hati dalam menyusun drum. Contoh susunan drum seperti gambar di bawah.


5. Mixing
dan yang terakhir adalah proses mixing, mixing itu adalah menyatuhkan sound pada musik yang kita buat supaya sound tidak bertubrukan dengan sound lain dan agar musik yang kita buat lebih selaras. Tahap mixing yaitu:

 - EQing
 - Compressing
 - Balancing

  1. EQing
EQuing itu adalah menyelaraskan sound pada setiap paten. langkah menambahkan EQ pada paten, Klik pada paten yang ingin di beri EQ > Klik kanan/tombol right > klik ikon tambah/plus > klik Param EQ.



  2. Compressing
Compressing adalah tahap untuk mengkopres bunyi pada sound. karena dalam musik yang belum kita mixing kadang ada sound yang tinggi dan kadang ada sound yang rendah, jadi kita perlu melakukan compressing pada sound tersebut supaya menyatuh dengan instrumen lain. langkah menambahkan Compressing pada paten, Klik pada paten yang ingin di Compressing > Klik kanan/tombol right > klik ikon tambah/plus > klik Fx Compressor.


 3. Balancing
 Balancing adalah tahap dimana kita mengatur tingkat kekerasan instrumen, misalnya kick dan bass itu sangat perlu kita atur. jika ingin memulai proses balancing maka mulailah pada kick dan bass. Cara mengatur Balancing pada paten, Klik kiri pada paten/ikon instrumen. lalu geser pada tombol pengatur level untuk menyesuaikan tinggi rendahnya bunyi tiap paten/sound. Saya sarankan jika ingin melakukan mixing pada bass silakan gunakan earphone karena bass tidak terdengar menggunakan speaker hp.


Setelah mixing yaitu mastering,
proses mastering nya kita lakukan secara manual, proses mastering nanti kita bahas pada postingan berikutnya.


Jika proses mixing telah selesai maka selanjutnya menyimpan trek musik yang telah di buat, Klik ikon fl mobile > klik save > Pilih mp3 lalu klik save.
Mungkin sampai disini saja postingan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

0 Response to "Cara Membuat Musik Sendiri Di Fl Mobile | Fl mobile Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel